Update: Rabu 20 Nopember 2013

Sabar, tipspengetahuan.com — Hadits Rasulullah SAW: "Sesungguhnya besar kecilnya pahala, tergantung dari besar kecilnya cobaan, dan kalau Allah sayang kepada satu kaum, Ia senantiasa akan mengirim cobaan. Maka barang siapa yang rela menerima cobaan itu berarti ia mendapatkan ridha Allah. Tetapi barang siapa yang marah karena mendapat cobaan, berarti ia akan mendapat murka Allah." (HR Ibnu Majah).

Pertolongan Allah SWT Itu Dekat
Foto pendukung, sumber: Facebook

Yang penting bagi kita adalah kapan saja kita menerima suatu cobaan, maka kita hadapi dengan tabah disertai dengan ikhtiar untuk mengatasinya kemudian tawakkal berserah diri kepada Allah untuk menantikan keputusannya.

Dengan cara demikian termasuklah kita dalam orang-orang yang digambarkan dalam hadits Rasulullah,

"Sesungguhnya Allah akan menguji dan mencoba salah seorang di antara kamu dengan cobaan sebagaimana seorang kamu menguji kadar emasnya dengan api. Maka sebagian mereka akan keluar dari ujian itu bagaikan emas kuning mengkilat, maka itulah orang yang dipeliharakan Allah dari bermacam-macam syubhat dan sebagian mereka akan keluar bagaikan emas hitam, maka itulah orang yang tergoda fitnah." (HR Thabrany).

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 214: "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat."

Dekatnya pertolongan karena hasil dari buah istiqomah beribadah, beristighfar, beramal shalih dikala ujian melanda menjadikannya bagaikan anak tangga menuju kepada derajat tingkat seorang hamba, dan hakikat ujian sifatnya sementara yang akan hilang silih berganti selama kita hidup di alam fana.

[courstey of Yusuf Mansur Network/Facebook]


Pasang Tipspengetahuan di ponsel pintar Anda: Android

Ikuti Tipspengetahuan di: Facebook

-


Cari artikel:
Tipspengetahuan media online bersama, terbuka untuk siapa saja. Semua orang bisa berkontribusi untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Pelajari selengkapnya; About & Lisensi