Update: Sabtu 23 Maret 2013

Ketika perut mengandung banyak gas membuat perut tegang. Kita semua mencoba untuk menghindari makanan yang menghasilkan gas. Asumsi kita bahwa makanan yang digoreng, berminyak atau pedas merupakan makanan yang mengasilkan gas. Tetapi, beberapa sayuran juga bisa mengandung gas. Sayuran mentah membuat tubuh Anda mengandung banyak gas sampai batas tertentu karena sulit dicerna. Hal ini karena banyak pati di dalam perut.

Sayuran yang Banyak Mengandung Gas
Kubis © boldsky

Makanan yang bisa menghasilkan gas membuat Anda tidak nyaman. Beberapa sayuran yang mengandung gas adalah : brokoli, kubis, kembang kol, selada. Sayuran ini memiliki kesamaan, cenderung memproduksi gas di dalam perut. Sayuran yang kaya fruktosa atau manis juga tidak mudah dicerna.

Berikut beberapa sayuran yang dapat menghasilkan gas, seperti dikutip dari boldsky :

Lobak

Lobak dapat menyebabkan perut kembung karena tinggi serat. Lobak juga terkenal karena membuat kentut menjadi bau busuk (lebih bau dari biasanya).

Brokoli

Sama seperti lobak, brokoli banyak mengandung serat. Hal ini menjadikan brokoli sulit untuk dicerna dan menyebabkan gas dalam perut. Brokoli menjadi lebih mudah dicerna ketika brokoli direbus.

Kubis

Kubis merupakan sayuran daun yang dikenal dapat menyebabkan gas. Kubis sulit dicerna jika mengkonsumsinya dalam keadaan mentah seperti salad. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, sebaiknya kubis di masak (tidak dimakan mentah).

Kentang

Kentang merupakan sayuran yang kaya pati, sulit dicerna. Kentang yang digoreng membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat dicerna. Jadi, lebih baik mengkonsumsi kentang rebus daripada digoreng atau dipanggang.

Bawang

Bawang sangat kaya gula alami atau fruktosa. Hal ini membuat bawang sulit dicerna. Jadi, ketika Anda menambahkan bawang dalam kari, Anda membuat bawang sulit dicerna.

Kembang kol

Kembang kol kaya serat sehingga menyebabkan gas. Kembang kol sangat sulit dicerna karena termasuk makanan kompleks.

Artichoke

Artichoke mungkin tidak terlihat manis, tetapi artichoke sangat kaya fruktosa. Artichoke sulit dicerna dan membuat perut mengandung banyak gas seperti bawang.

Kacang polong

Kacang polong termasuk kelompok kacang-kacangan, dengan demikian kaya gula kompleks raffinose. Terlalu banyak makan kacang polong bisa membuat perut banyak gas, apalagi jika mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

Apa pendapatmu ?


Pasang Tipspengetahuan di ponsel pintar Anda: Android

Ikuti Tipspengetahuan di: Facebook

-


Cari artikel:
Tipspengetahuan media online bersama, terbuka untuk siapa saja. Semua orang bisa berkontribusi untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Pelajari selengkapnya; About & Lisensi