Update: Rabu 05 Desember 2012

Tomat berwarna merah menggoda akibat proses pigmen alami tanaman , salah satu contohnya adalah likopen pada buah tomat. Likopen yang terkandung dalam buah tomat yang berfungsi sebagai antioksidan dan dipercaya dapat mencegah serangan jantung.
Tomat dan Manfaatnya

Likopen adalah salah satu dari pigmen alami tanaman, pigmen lain adalah karoten yang memberikan warna jingga tua pada jagung dan wortel, serta antosiani yang memberikan warna ungu pada anggur. Likopen mampu membuat tomat menggugah selera dengan warnanya merah merona.

Karotenoid seperti likopen-karotenoid utama pada tomat dan beta-karoten merupakan senyawa biologis penting yang dapat menonaktifkan molekul-molekul reaktif yang dapat merusak sel. Selain itu, karotenoid juga berperan dalam mencegah radikal bebas, molekul tak stabil, umumnya mengandung oksigen yang muncul karena proses kimia normal tubuh dan proses radiasi, seperti sinar-X serta pengaruh lingkungan lainnya.

Dari semua karotenoid makanan, likopen lebih unggul sebagai antioksidan. Asupan likopen juga mampu mengurangi risiko terkena penyakit kanker prostat.

Likopen mudah ditemukan pada tomat ataupun olahanan darinya, seperti jus, pasta dan saus tomat. Menurut penelitian, dalam setiap 100 gram tomat dan pasta tomat (bahan baku saus tomat) terkandung masing-masing 5,4-5,7 mg dan 58,9-59,5 mg likopen.

Untungnya lagi likopen tidak terlalu berkurang ketika proses pemasakan atau pengalengan. Ini terbukti dari hasil uji yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat menyebutkan kandungan likopen dalam tomat rebus tidak jauh berbeda dengan tomat mentah/segar.

Namun pada kenyataannya tubuh akan dapat menyerap likopen lebih banyak  dari tomat yang sudah diolah dibandingkan tomat yang masih mentah (karena rasa dan hasil olahan lebih menggugah daripada tomat mentah). Jadi untuk mengoptimalkan manfaat likopen, jadikan tomat sebagai pelengkap pola makan sehari-hari, contohnya seperti sambal tomat, saus tomat dan produk serupa.

Mengonsumsi segelas jus tomat secara teratur tentu sangat lebih baik jika dibandingkan dengan tidak mengonsumsi tomat sama sekali dan jika anda menginginkan likopen yang berdaya serap tinggi, tomat dan hasil olahannya merupakan pilihan terbaik.

Sekian :)

Tipspengetahuan telah hadir dalam blog, lihat sekarang juga.
Pasang Tipspengetahuan di ponsel pintar Anda: Android

Ikuti Tipspengetahuan di: Facebook

-


NEW POST
Cari artikel:
Tipspengetahuan media online bersama, terbuka untuk siapa saja. Semua orang bisa berkontribusi untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Pelajari selengkapnya; About & Lisensi