Update: Rabu 10 April 2013

Co-Founder adalah orang yang telah berjanji untuk tetap berjuang di masa sulit untuk mendirikan (merintis) usaha baru. Memilih Co-Founder sama halnya dengan memilih seorang pasangan hidup (menikah). Anda akan menghabiskan hampir seluruh waktu secara bersama dan akan sering berbeda pendapat, tetapi pada akhirnya sadar Anda berdua punya tujuan yang sama.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Co-Founder
Ilustrasi courstey of Mashable
Lainnya:

Jika Anda mempunyai Co-Founder, Anda tidak bisa menjadi diktator atau egois, keputusan yang Anda ambil merupakan kesepakatan bersama, dan ini perlu kesabaran dan kepala dingin.

Berikut 5 hal yang harus dipertimbangkan :

Pelengkap keterampilan

Mitra bisnis Anda mampu menutupi kelemahan yang ada pada diri Anda. Misalnya Anda lemah dipemasaran (public speaking) tetapi hebat dalam perencanaan. Dengan demikian, Anda membutuhkan orang yang handal dalam marketing. Selain itu, Anda juga bisa merangkap pada dua bidang pekerjaan atau lebih jika dibutuhkan dan Anda bisa membantu.

Saling menghormati

Anda harus memilih rekan bisnis yang Anda hormati, dan dia juga menghormati Anda. Selain itu, Anda juga membutuhkan rekan bisnis yang mau bekerja keras dan cerdas sama seperti Anda. Meskipun kalian mempunyai pengalaman berbeda dan kemampuan khusus masing-masing, harus tetap saling menghormati satu sama lain.

Tujuan yang sama

Sebelum benar-benar terjun ke bisnis sebenarnya secara bersama, sangat penting untuk menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari perusahaan yang akan dirintis. Hal ini juga berkaitan dengan keuangan perusahaan. Bicarakan secara jelas tanpa berbelit-belit.

Fleksibilitas dan pikiran terbuka

Memulai bisnis pasti penuh dengan rintangan, tidak semudah yang dibayangkan. Bekerja sama dengan orang yang tidak memusingkan hal-hal kecil dan fleksibilitas tinggi  akan membangun perusahaan yang besar dalam waktu jangka panjang (langgeng).

Kepribadian yang cocok

Sangat penting untuk menemukan orang yang bisa akrab di luar pekerjaan. Membangun usaha baru merupakan tantangan berat dan stres mudah datang begitu cepat. Mengelola rintangan jauh lebih mudah jika Anda bekerja dengan seseorang yang Anda benar-benar suka, Anda perlu bercanda dan akrab setelah seharian bekerja yang sangat melelahkan.

(courstey of Mashable)

[sponsor]

Gabung dengan tipspengetahuan.com di media sosial:

-

Untuk akses Tipspengetahuan dari smartphone, tablet, iPad, dll, dengan alamat: m.tipspengetahuan.com

-

Kabar
Cari artikel: